Iklan

Selasa, 19 April 2016

Fakta Unik Ka'bah


Fakta Unik Ka'bah - Tahukah kalian tentang apa itu ka'bah? tentu semua orang tahu, bahwa Ka'bah adalah pusat ibadah orang Islam atau qiblatnya orang Islam. Nah, sebagai muslim sebaiknya kita tahu dan mengenal Ka'bah lebih mendalam pusat ibadah yang berada di Kota Suci Makkah ini.

Secara bahasa, Ka'bah berasal dari bahasa Arab كعبka'bun ) yang berarti mata kaki. Ka'bah juga sering disebut sebagai Baitul 'Atiq atau rumah tua, karena sebuah riwayat menyebutkan bahwa Ka'bah adalah bangunan pertama di dunia. Bahkan pada masa nabi Adam as. Ka'bah sudah ada kemudian hanyut terbawa banjir pada masa Nabi Nuh as. dan dibangun kembali / dipugar oleh Nabi Ibrahim as. dan putranya Nabi Ismail as.

Dalam QS. Ibrahim ayat 37 tersirat bahwa bangunan suci ka'bah telah ada sewaktu Nabi Ibrahim menempatkan Siti Hajar dan bayi Nabi Ismail di lokasi tersebut.

Beberapa hal unik yang berkaitan dengan ka'bah antara lain sebagai berikut:

1. Hajar Aswad


Hajar Aswad ( batu hitam ) diyakini sebagai batu surga ( Wallahu a'lam ). Oleh karena itu tidak heran jika jema'ah haji dari seluruh penjuru dunia begitu merindukannya dan rela berdesak - desakkan demi bisa menciumnya. 

Nabi Ibrahim adalah nabi yang pertama kali meletakkannya. Batu hitam itu terletak di sudut selatan Ka'bah pada ketinggian 1,10 m dari lantai Masjidil Haram. 

Nah, berapa ukuran Hajar Aswad?

Hajar Aswad berukuran panjang 25 cm dan lebar 17 cm. Sekarang ini, Hajar Aswad pecah menjadi 8 bongkahan dan masih tersusun rapi pada tempatnya.



2. Kain Kiswah (kain penutup / selimut Ka'bah)

Kiswah adalah semacam selimut atau pakaian untuk memperindah bangunan Ka'bah.. Kiswah berwarna hitam dan terbuat dari kain sutra. Diolah di pabrik kiswah yang terletak di kota Mekah.

Tahukah kamu, apa keistimewaan kiswah? 

Sebuah kiswah memerlukan 670 kg bahan sutra serta 50 kg emas dan perak yang dipakai untuk menghiasinya. Kiswah Ka'bah diganti setiah tahun bertepatan dengan musim haji.

3. Air Zamzam

Air Zamzam adalah nama air yang diperoleh dari sebuah sumur mata air bawah tanah yang terletak dalam kawasan Masjidil Haram, sebelah tenggara Ka'bah, dengan kedalaman sekitar 42 m. Air zamzam ini merupakan sumber air bersih utama bagi kota Mekah. Selain dikonsumsi untuk air minum, air ini juga digunakan sebagai air wudlu bagi jama'ah yang akan melaksanakan sholat di Masjidil Haram. 

Apa keunikan air zamzam?

Air mineral selain zamzam pada umumnya mengandung elemen alamiah (hard carbonated water) tidak lebih dari 260 mg per liter. Sedangkan air zamzam mengandung elemen - elemen alamiah sebesar 2.000 mg per liter.

Apa saja elemen - elemen yang terkandung dalam air zamzam?

Elemen - elemen yang terkandung dalam iar zamzam dapat dikelompokkan menjadi beberapa bagian. Pertama, positif ion seperti sodium (250 mg per liter), kalsium (200 mg per liter), potasium (20 mg per liter), dan magnesium (50 mg per liter).

Kedua, negatif ion seperi sulfur (372 mg), bikarbonat (366 mg per liter), nitrat (273 mg per liter), fosfat (0,25 mg per liter), dan amonia (6 mg per liter).

kandungan elemen - elemen kimia inilah yang menjadikan rasa dari air zamzam sangat khas dan dipercaya dapat memberikan khasiat khusus.

5. Pintu Ka'bah

Pintu Ka'bah pada masa Rasulullah saw. terbuat dari kayu dengan bentuk yang sama sampai sekarang. Pada bulan Jumadilakhir 1397 H / 1977 M, Raja Khalid bin Abdul Aziz memerintahkan untuk memperbarui pintu Ka'bah tersebut. Bulan Dzulhijjah 1398 H / 1978 M, pekerjaan besar itu mulai dilaksanakan.

Apa yang diperbarui dari pintu Ka'bah?

Raja Khalid memerintahkan memperbarui pintu Ka'bah dengan menggantinya dari bahan emas seberat 280 kg emas murni, dan dikerjakan dalam waktu 12 bulan. Pintu Ka'bah emas murni itu mempunyai tinggi 3 m, lebar 2 m, dan tebal 0,5 m. 

Di dalam pintu itu ada kayu jenis Makamong sepanjang 40,8 setiap satu daun pintu, sebagai penahan emas. Pintu emas itu disusun secara knock down dengan masing-masing potongan 50 kg.

6. Makam Ibrahim


Maqam Ibrahim adaah sebuah prasasti berbentuk kotak dengan lubang di atasnya.


Sebutan Makam Ibrahim bukan berarti tempat pemakaman atau kuburan Nabi Ibrahim, Makam Ibrahim yang berada di dekat Ka'bah itu adalah sebuah batu yang ditutup dengan kaca dan dibuat runcing tirus di bagian atap. 

Pada batu tersebut terdapat bekas sepasang telapak kaki Nabi Ibrahim as. Dahulu batu itu merupakan pijakan beliau ketika membangun Ka'bah. Allah swt. menyuruh Nabi Ibrahim as. untuk menyeru kepada manusia agar mereka mengerjakan haji, maka Nabi Ibrahim berdiri di atas batu itu.

Prasasti Nabi Ibrahim itu menunjukkan betapa Nabi Ibrahim membangun Ka'bah dengan tangannya sendiri.



Itulah beberapa hal unik yang berkaitan dengan Ka'bah. Semoga kita semua dapat menjumpainya secara langsung amin ya robbal 'alamin.

Sumber: The Amazing Islam



Tidak ada komentar:

Posting Komentar